Obrolan Kamis Sore

Upaya penyelamatan dan rehabilitasi orangutan di Kalimantan telah banyak dilakukan oleh berbagai organisasi, salah satunya...

Hasudungan Pakpahan
Yayasan Gibbon Indonesia, Bogor
http://www.gibbon-indonesia.org
Jun 23, 2017

Fakta unik yang ditakuti orangutan

Tahukah anda ternyata orangutan tidak hanya takut dengan binatang-binatang buas yang ada di hutan. Beberapa kali

orangutan yang ada ditempat rehabilitasi orangutan di Sintang Orangutan Center terlihat takut pada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu ganas dan menakutkan.

Seperti suara Tupai, hampir semua orangutan takut suara tupai, dari bayi orangutan sampai dewasa. Jamilah orangutan dewasa sampai mengeluarkan suara yang keras saat mendengar suara tupai, seperti sangat terancam. Jamilah akan bersuara takut sampai tupai berhenti mengeluarkan suara.

Demikian juga dengan bayi orangutan yang ketakutan ketika mendengar suara tupai, mereka akan saling berpelukan satu sama lain. Saat di Sekolah Hutan, bayi Tera juga sangat ketakutan sampai mengeluarkan suara yang sangat keras ketika mendengar suara tupai. Pernah suatu kali di sekolah hutan, staf dengan sengaja menirukan suara tupai, Gagas yang berada di atas pohon langsung turun memeluk Oscar yang ada di bawah dengan sangat erat saking takutnya.

Ada juga orangutan yang takut ketika melihat ayam yang tanpa sengaja masuk di areal konservasi. Bayi orangutan bernama Rocky sangat takut melihat ayam yang sedang kejar-kejaran. Rocky berlari ke atas kandang lalu menutupi kepalanya dengan daun.

Tidak hanya melihat ayam secara langsung, mendengar suara ayamnya saja ada beberapa orangutan yang takut. Selly bayi orangutan pernah terlihat sangat terkejut ketika mendengar kokok ayam jantan, Selly pun lari ketakutan dan langsung memeluk Maya. Rambut Selly dan Maya sampai berdiri ketika mendengar kokokan ayam.

Ada hal lain yang ditakuti orangutan. Beberapa orangutan takut dengan atribut yang dikenakan staf, seperti ketika staf mengenakan sarung tangan, bayi Mona sangat takut. Mona sampai lari ke atas meninggalkan buah yang diberikan dan mengeluarkan suara ketakutan.

Beberapa kali juga bayi Digo terlihat sangat ketakutan ketika melihat staf bernama Dopo, padahal biasanya sangat manja. Terlihat kadang takut dan kadang berani. Setelah diperhatikan ternyata Digo takut hanya ketika melihat Dopo mengenakan baju bergambar gajah.

Hal-hal di atas sepertinya aneh di telinga kita, tapi itulah fakta unik yang ditakuti orangutan.

Orangutan Sintang

Victoria, si penanda waktu minum susu

Victoria (2 th), bayi orangutan betina, dievakuasi dari Desa Sebindang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu dalam keadaan sehat.

Mamat, si Tangguh

Mamat berhasil diselamatkan oleh para petugas Balai KSDA Kalimantan Barat pada bulan September 2012 dari Desa

Berita Konservasi

Obrolan Kamis Sore